賢明にこの地球上で自分を表現する

Selasa, 27 September 2011

tingkah laku hewan


1.         a. pemangsa dan mangsa berada pada habitat yang sama dan berinteraksi dalam berbagai    proses ekologi .
            b. predator bisa mendapatkan bahaya dari prilaku social spesies mangsa
            c. mangsa mempunyai efisien / biaya bagi anggota spesies yang berinteraksi secara ekstensif untuk system pertahanan diri dari musuhnya .

       2.  contoh strategi anti predator hewan mangsa yang saya ketahui adalah
             a. membohongi pemangsa yaitu burung killdeer betina menggunakan penipuan untuk    mempertahankan sarangnya terhadap gangguan pemangsa atau manusia . dengan menunjukkan gerakan yang seolah – olah sayapnya patah ketika bahaya mengancam burung tersebut akan meninggalkan sarangnya .
           b. mengeluarkan bau-bau dari kelenjar bau :   sigung , walang sangit

     3.    evolusi hewan dengan system monogamy yang terjadi pada Owa jawa disebabkan oleh teritori , ditentukan berdasarkan oleh ketersediaan pakan di habitat tersebut bagu bagi betina dewasa agar dalam membesarkan anak- anaknya berhasil dengan baik. Sementara jantan menentukan pendistribusian betina ke tempat yang masih kosong dan mendukung betinga yang penghuni teritori untuk mengusir betina lain yang mendekat .
 Evolusi hewan dengan system polyginy terjadi pada monyet ekor panjag karena factor ekologi yaitu kelimpahan sumber pakan , teritori yang luas , dengan demikian jantan dapat berpasangan dengan lebih dari satu betina pada waktu yang sama.

4.   a.. metestrus  : masa perubahan traktus genitalis
            Diestrus      : masa istirahat
            Proestrus    : masa pertumbuhan folikel sampai dihasilkanya estrogen .
            Estrus          :  masa saat terjadinya ovulasi dan sel telur akan diserap oleh dinding rahim sehinnga tidak terjadi pendarahan  .
     b.   Dimorfisme seksual   :  adanya perbedaan antara jantan dan betina dewasa melalui kompetisi intra seksual dan melalui kompetisi inter seksual .
     c. Karakter epigamic  : kemampuan jantan secara seksual dengan berbagai ciri yang berhubungan dengan cara bercumbu dan warna yang menarik
      d. Female choice   : hewan betina yang memutuskan untuk melakukan mating dengan jantan melalui seleksi jantan . hanya jantan yang mampu dalam hal penjagaan teritori dan memiliki sumber makanan dan akan mating dengan betina . 

5. salah satu dari cirri makhlik hidup adalah berkembangbiak dengan cara reproduksi seksual adalah perlu untujk menjaga kelestariannya dengan mewariskan sifat-sifat kepada keturunannya agar terhindar dari kepunahan .sehingga menghasilkan vriasi genetic . pada manusia dapat memulai proses tersebut ketika sudah dewasa yang ditandai dengan masa pubertas .
6. Reproduksi seksual
Keuntungannya :
Secara genetic keturunannya berbeda dengan induknya , ini mengakibatkan dua macam induk yaitu jantan dan betina .
Kerugiannya :
Kecepatan perkembangbiakannnya berlangsung relative lambat
Reproduksi aseksual :
Keuntungannya :
Hewan berukuran kecil dan sederhana  memiliki kecepatan perkembangbiakan berlangsung relative cepat
Kerugiannya :
Secara genetic keturunannya bersifat identik dengan induknya karena hanya melibatkan satu induk . 

7.   Hewan jantan mengejar dominansi karena memiliki keuntunan dengan menduduki peringkat tinggi akan menjamin jantan memperoleh sumber daya seperti makanan . dengan dominansi menjamin jantan tidak membuang energy atau resiko terluka dalam perkelahian yang sia- sia . maka dapat melindungi keselamatan anaknya .

 8.   perilaku induk kucing yang meninggalkan anaknya karena pada saat anak kucing lahir dengan kondisi altricial yaitu ketika lahir mata masih tertutup , lemah / tidak langsung berdiri . induk mengenal bayi dari bau tubuhnya . pada kasus ini Emi mengelus anak kucing tersebut yang mengakibatkan induk akan mencium bau yang berbeda ari sebelumya . 

9.   a.  membahas mengenai unta :
           Unta hidup di daerah padang pasir yang kering dan gersang . oleh karena itu bentuk tubuhnya disesuaikan dengan keadaan lingkungan yaitu adanya tempat penyimpanan air di dalam tubuhnya dan memiliki punuk sebagai penyimpan lemak.

b.   membahas mengenai cicak :
      untuk melindungi diri dari serangan musuh cicak memutuskan ekornya . bagian ekor yang putus ini dapat bergerak – gerak sehingga mengalihkan perhatian musuhnya . selain itu lidahnya yang panjang dan lengket untuk menangkap mangsa lebih efisien .

c.  membahas mengenai kukang :
    untuk mendapatkan minum tangan kukang dicelupkan di dalam air supaya efisien dalam mendapatkan air karena struktur tangan yang terdiri dari spons . selain itu kukang tidur menggulungkan badan agar terlindung dari serangan serangga.

d.   membahas mengenai gajah :
Gajah hidup di dalam urutan sosial yang terstruktur.Kehidupan sosial dari jantan dan betina sangat berbeda.Betina menghabiskan hampir seluruh hidupnya di dalam satu kelompok keluarga yang terdiri atas ibu, anak perempuan, saudara perempuan, dan bibi. Kelompok ini dipimpin oleh gajah betina tertua dan ketika seekor gajah betina sedang mengandung, maka 2 - 3 gajah betina lainnya akan menemani hingga si ibu gajah melahirkan.Sedangkan jantan dewasa menghabiskan waktunya dalam kehidupan sendiri (tidak berkelompok).

e.membahas mengenai macam – macam prilaku :

burung memiliki bentuk kaki yang berbeda- beda disesuaikan dengan tempat hidupnya dan jenis mangsa yang dimakannya , misalnya : pemangsa dengan jari kaki pendek , kuku melengkung tajam , dan cakar kuat untuk mencengkram ( elang dan rajawali  )

f.   membahas mengenai angsa  :
    Indra penglihatan angsa kurang baik maka hanya dapat berjalan lurus . pada saat angsa terbang membentuk formasi dengan huruf V agar daya pandang menjadi lus dan salah satu cara menghindar diri dari predator .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar