賢明にこの地球上で自分を表現する

Sabtu, 02 April 2011


CLASS REPTILIA



ORDO LACERTILIA



Tujuan:   agar mahasiswa dapat mengenal keanekaragaman reptilia ORDO LACERTILIA dan mengerti bagaimana membedakan diantara jenis dan mengetahui bagaimana klasifikasinya.


Bahan: 7 jenis reptil  dari ORDO LACERTILIA,yaitu:
1.     Tokek  (Sp: Gecko gekko; F: Geckonidae)
2.    Cecak rumah (Sp: Hemidactylus frenatus; F: Geckonidae)
3.    Cecak hutan (Sp: Hemidactylus  platyrus; F: Geckonidae)
4.    Cecak terbang (Sp: Draco volans; F: Agamidae)
5.    Bunglon (Sp: Calotes  jubatus; F: Agamidae)
6.    Kadal ekor panjang (Sp: Tachydromus  sexlienatus; F: Lacertidae)
7.    Kadal (Sp: Mabuiya  multifasciata; F; Scincidae)



Petunjuk Singkat:
Pembagian ORDO Reptilia menjadi empat, yaitu: Crocodilia; Testudinata; Lacertilia dan Ophidia (Lacertilia dan Ophidia ada yang mengelompokkan menjadi satu Ordo Squamata), atas dasar bentuk kulit penutup tubuh.

Penutup tubuh LACERTILIA adalah sisik. Bentuk sisik antara lain: granular; cycloid; mucronatus dan quadrongular. Susunan sisik ada yang seperti genteng dan ada yang seperti ubin. Ujung jari bercakar. Ekor memanjang silindris dan meruncing semakin ke ujung.

Ada beberapa ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh jenis-jenis reptilia dari ordo Lacertilia yang perlu anda perhatikan, yaitu:
a)    Bentuk sisik (granular = tokek; quadroangular = kadal ekor panjang)
b)   Bentuk lidah, bercabang/tidak bercabang (kadal ekor panjang; kadal dan tokek; bunglon)
c)    Pelebaran kulit di lateral tubuh/perut (pada cecak hutan) atau pelebaran kulit yang membentang diantara dua anggota gerak, disebut patagium (cecak terbang)
d)   Terdapat lembaran yang berbaris-baris (ada yang sebaris = tokek dan dua baris = cecak rumah) pada bagian ventral jari, disebut infra digiti lamela
e)    Terdapat lubang lubang kecil pada sisik bagian ventral di daerah: preanal (= preanal pores, pada tokek); di daerah femur (= femural pores); diantara preanal dan femur (= preano-femural pores, pada cecak) dan di daerah ketiak/lipatan paha (= inguinal pores pada kadal ekor panjang)
f)    Ada jambul atau jambul seperti sisir pada bagian dorsal di kepala atau punggung (pada bunglon)


Tugas:
1.     Gambar morfologi seluruh spesimen reptilia, beri keterangan tentang ciri-ciri khusus yang dimiliki. Perhatikan: bentuk sisik tubuh susunan sisiknya; lidah;  lubang (pores) pada sisik; pelebaran kulit pada lateral tubuh dan lembaran kulit pada ventral jari serta ciri khusus lainnya yang membedakan antar satu jenis dengan jenis lainnya
2.    Tulis klasifikasi setiap spesimen yang telah anda gambar





Tidak ada komentar:

Posting Komentar